Posisi Dapur Dan Kamar Mandi Yang Baik - RUMAH23.NET

Posisi Dapur Dan Kamar Mandi Yang Baik

Posisi Dapur Dan Kamar Mandi Yang Baik

Posisi dapur dan kamar mandi yang baik untuk diterapkan dalam membangun rumah. Feng Shui merupakan pengetahuan yang datang dari Tiongkok merupakan pemahaman akan saluran di antara bumi, manusia, surga yang bisa hidup dalam serasi positif yang baik. 

Pengetahuan akan adanya energi baik dalam kesesuaian kehidupan manusia dengan bumi dan berkaitan lingkungan disekelilingnya. Kalian akan menjumpainya dalam pengerjaan sebuah bangunan. Letak terbaik masing-masing ruangan bisa ditetapkan dengan ilmu pengetahuan yang satu ini. Tidak kecuali untuk posisi dapur dan kamar mandi yang baik dalam tempat tinggal.

Pernahkah kalian dengar tentang arah bangunan yang dibikin dengan mode ruangan memengaruhi pintu rejeki yang akan diterima pemiliknya? Hal itu erat kaitannya dengan pengetahuan feng shui. Meskipun keyakinan tiap manusia berbeda, tetapi pengetahuan satu ini jadi hal baik yang dapat dilakukan. Jika tujuan utamannya adalah untuk kebaikan mengapa tidak?

Kesempatan ini rumah 23 akan memberi beberapa posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut feng shui, siapa yang tahu kalian memerlukannya.

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik Menurut Feng Shui

Posisi Dapur Dan Kamar Mandi Yang Baik

Untuk beberapa orang, tentukan posisi dapur dan kamar mandi yang baik pasti penting untuk mendukung kenyamanan beberapa penghuninya. Tetapi, bagaimanakah cara ketahui posisi yang baik? Berikut adalah aturan umum akan posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut feng shui.

1. Jauhi Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Bertemu

Letak pertama kali yang harus dijauhi ialah posisi dapur dan kamar mandi yang baik tidak bertemu atau bersisihan. Ini karena kamar mandi memiliki elemen air yang bisa mematikan dapur dengan komponen api yang ada di pengetahuan feng shui. Tetapi, jika kalian telah telanjur membuat, hal khusus yang penting diperhatiakn ialah selalu tutup pintu kamar mandi rapat-rapat.

Disamping itu, jika kalian memiliki tempat tinggal dua lantai juga, upayakan tempat dapur di bawah tidak bersinggungan langsung dengan tempat kamar tidur atau kamar mandi di atasnya. Selalu beri ruangan pembatas atau interval di antara ke-2 ruangan ini supaya tidak sama-sama bersisihan.

2. Kamar Mandi Yang Tidak Dekat sama Tempat Tidur

Posisi Dapur Dan Kamar Mandi Yang Baik

Bukan hanya dapur saja yang tidak boleh bersisihan dengan kamar mandi nih! Posisi kamar mandi upayakan tidak untuk dekat sama tempat kamu istirahat atau tempat tidur. Hal itu sebetulnya akan mempengaruhi kesehatan penghuni.

Tempat kamar mandi menjadi satu diantara tempat tempat berkumpulnya kuman, jika kalian tidak rajin membersihkan maka memunculkan bibit penyakit yang bisa mempengaruhi kesehatan. Pikirkan saja, jika kamu sedang tidur dan tempat kamar mandi lupa kamu tutup. 

Kuman dan bakteri yang terbang melalui udara dapat masuk ke aliran pernapasan kamu saat istirahat. Itu kenapa sebaiknya untuk menghindariinya ya!

3. Dapur Tidak Ada di tengah Ruang Utama

Posisi Dapur Dan Kamar Mandi Yang Baik

Menurut pengetahuan feng shui, tempat di tengah-tengah tempat tinggal seperti jantung manusia. Hal itu sebagai nafas kehidupan dalam sebuah rumah. Oleh karena itu upayakan tidak untuk menempatkan dapur di tempat tengah ruangan.

kalian dapat menggantinya dengan tempat ruangan keluarga di sisi tengah dan dapur menjuru di bagian belakang rumah. Teman teman juga dapat memakai beberapa warna ceria pada dapur, supaya dapur kelihatan fresh.

Tetapi, jika dipikir secara nalar, dapur yang ada di tengah ruangan akan mencelakakan penghuni. Komponen api yang selalu dihubungkan dengan dapur, dapat mencelakakan keseluruhan ruangan rumah jika diletakkan di tempat tengah. 

Hal inilah kenapa pengetahuan akan Feng Shui ini merekomendasikan posisi dapur agar kita tidak membuang peruntungan yang sudah diberi oleh pusat

4. Jangan menghadap tempat beribadah

Untuk kamu yang mempunyai ruang khusus untuk beribadah di rumah, seperti masjid atau altar sembahyang, ya, sedapat mungkin tidak untuk membangun kamar mandi di dekatnya atau berdekatan dengannya. Buat penganut agama Islam, nih, seharusnya tidak boleh tempatkan kamar mandi atau toilet di arah kiblat, ya.

Selainnya benar-benar tidak disarankan karena tidak sesuai kaidah, menurut pengetahuan feng shui hal ini tidak baik, lho. Dalam Islam atau agama yang lain, kan, kamar mandi atau toilet dipandang seperti lokasi yang kotor dan mempunyai energi kurang baik.

5. Jangan berdekatan dengan kepala tempat tidur

Posisi Dapur Dan Kamar Mandi Yang Baik

Kemungkinan beberapa dari kamu punyai kamar mandi dalam yang berdekatan dengan kamar tidur di rumah atau di kamar kos.

Menurut feng shui ini tidak dianjurkan, ya. Tetapi, bila kamu telah memiliki karena itu untuk menahan timbulnya energi kurang baik jauhi menempatkan sisi kepala tempat tidur berdekatan, bahkan juga melekat dengan dinding kamar mandi.

Upayakan supaya tatanan letak dan dekor kamar tidurmu tidak membuat kasur yang kamu pakai bertemu langsung dengan kamar mandi. Ini dipercayai bisa membuat kondisi yang tidak baik untuk keserasian suami istri dan kesehatan.

6. Kamar mandi Jangan membelakangi jalan

Arah hadap dari kamar mandi atau toilet yang lain yang penting kamu lihat dalam pengetahuan feng shui ialah tidak boleh tempatkan kamar mandi atau toilet membelakangi jalan.

Bila kamu mempunyai rumah di tepi jalan dengan letak toilet memunggungi jalan dipercayai rejeki yang semestinya masuk ke rumahmu malah kebuang ke toilet.

Selainnya jangan membelakangi jalan, ya, seharusnya dalam tata terletak jamban yang kamu pakai tidak boleh segaris atau menghadap pintu kamar mandi. Argumennya, sich, elemen positif di dalam ruang di rumah bisa terhisap masuk langsung ke toilet sekalian kebuang ke luar dengan design kamar mandi itu.

7. Pahami Ketentuan Letak Kamar Mandi di Bawah Tangga

Posisi Dapur Dan Kamar Mandi Yang Baik

Jika ingin mengakali tempat terbatas dengan peletakan kamar mandi pada ruangan bawah tangga, kalian juga harus pahami elemen dan tatanan letak terbaik. Pakai beberapa warna yang ceria atau pemakaian lampu yang jelas untuk menghindar tempat gelap yang tidak menolong dalam segi feng shui. Disamping itu, upayakan selalu untuk tutup Pintu kamar mandi jika tidak dipakai.

Seterusnya, janganlah lupa lihat perputaran udara didalamnya. Beberapa hal itu condong simpel tetapi mempunyai faedah untuk kalian yang telah telanjur membuat. Tetapi, jika masih juga dalam perancangan, seharusnya jauhi peletakan kamar mandi pada ruangan di bawah tangga, temen temen rumah 23 dapat menukarnya jadi ruangan yang lain yang memikat. Misalnya seperti rack penyimpanan.

8. Dapur Tidak Bertemu Dengan Pintu Masuk

Bukan hanya posisi letak ruangan saja yang perlu dipertimbangkan, namun keserasian dalam rumah tangga juga dihubungkan dengan posisi dapur. Bagaimana hal tersebut dapat saling berhubungan? Menurut feng shui, dapur seharusnya tidak ada di muka pintu masuk ruangan khusus. Hal itu akan mengusik keserasian pasangan dalam tempat tinggal.

Penempatan dapur di tempat belakang yang sering dipakai dalam design perumahan memang sangat baik. Hal itu dapat mengurangi penampilan tidak membahagiakan pada ruangan dapur saat proses mengolah makanan sedang berjalan. Meskipun ada di belakang, masih tetap upayakan untuk jaga kebersihannya ya teman teman!

9. Lihat Arah Hadap Kamar Mandi

Dari beberapa info tentang tatanan letak ruangan dalam tempat tinggal, kemungkinan kamar mandi jadi tempat yang selalu dibahas. Ruang satu ini harus ditaruh dalam posisi yang pas supaya energi dan saluran didalamnya jalan dengan baik. Oleh karena itu, upayakan untuk memerhatikan arah hadap kamar mandi pada tempat tinggal.

Selainnya letak kamar mandi keseluruhannya, elemen didalamnya juga harus juga jadi perhatian. Misalnya seperti arah hadap jamban kamar mandi yang seharusnya tidak menghadap jalan, atau membelakangi jalan. Ini menurut feng shui dipercayai bisa menghalangi rejeki yang datang dalam keluarga.

Pisahkan Komponen Api dan Air yang Berada di Dapur

Lima elemen yang selalu menadi bagian dari pengetahuan feng shui tegaskan ialah api, air, kayu, logam dan tanah. Ke-5 elemen itu sama-sama berkaitan keduanya tetapi beberapa ada yang tidak dapat digabungkan. Satu diantaranya ialah air dan api. Karena itu sebaiknya dalam posisi letak dapur dan kamar mandi yang baik ialah berjauhan sekalian pisahkan ke-2 elemen itu pada sebuah ruangan.

Jika tempat cukup, upayakan untuk membuat segitiga untuk ke-2 komponen itu. Tetapi jika terbatas, dapat diakali dengan berseberangan, atau memakai partisi supaya tidak berdekatan. Ini dipercayai untuk menghindar ada konflik antara penghuni didalamnya.

Bagaimana keterangan rumah 23 di atas? Mudah-mudahan bisa menolong temen temen semua dalam tentukan posisi dapur dan kamar mandi yang baik sama sesuai feng shui ya! Janganlah lupa untuk membaca juga beberapa artikel dari rumah 23 yang lain. Mudah-mudahan berguna!

[Source : Pinterest]