Bau Yang Tidak Disukai Tikus Yang Dapat Ditemui Secara Alami - RUMAH23.NET

Bau Yang Tidak Disukai Tikus Yang Dapat Ditemui Secara Alami

Bau Yang Tidak Disukai Tikus Yang Dapat Ditemui Secara Alami

Bau yang tidak disukai tikus yang dapat kita temukan dalam lingkungan sekitar. Tikus diciptakan dengan indera penciuman yang berbeda dari manusia, sehingga mereka dapat merasakan aroma yang tidak dimiliki orang, bahkan bisa dipengaruhi secara negatif oleh aroma yang tidak mengganggu bagi manusia di dalam rumah.

Ada beberapa aroma dari produk tertentu yang ada dapat membuat mereka menghindar atau membahayakan nyawa mereka. Tikus merupakan spesies dari keluarga Muridae, hewan pengerat yang telah mengisi tanah sejak 5 juta tahun lamanya dan species yang paling sering kita jumpai dari mereka adalah tikus rumah (Mus musculus).

Mereka merasakan bau melalui hidung, di mana epitel penciuman berada, membran yang bertanggung jawab untuk mengirim informasi ke sel penciuman, dilindungi oleh lapisan lendir. Ketika partikel udara yang mengandung bau bereaksi dalam bola penciuman ini, mereka mengirim informasi yang dikumpulkan ke otak.

Tikus Memiliki Penciuman Yang Sensitif

Indra penciuman sangatlah penting bagi tikus. Beberapa penyelidikan dan penelitian yang diterbitkan oleh  The Anatomy Record jurnal. Mengungkapkan bahwa tikus mendapatkan informasi dari aroma yang mereka rasakan untuk mengatur keadaan serta bersosialisasi antar sesama. Karena itu, ketika salah satu dari mereka kehilangan kemampuan untuk mencium bau, mereka menjadi terisolasi dari rekan-rekan mereka dan mengembangkan depresi.

Selain itu indra penciuman pada tikus berfungsi untuk menditeksi makananan serta menditeksi keberadaan tikus lainnya berdasarkan kelamin antara betina atau jantan. Serta untuk membedakan antara tikus dewasa dan keturunannya.

Hal ini memudahkan tikus untuk mendapatkan informasi betina pada saat musim kawin serta menjauhkan para tikus dari bencana keracunan zat makanan.  

Kebanyakan orang takut menggunakan racun untuk membunuh tikus dan tidak ingin berurusan dengan jebakan tikus. Sebaliknya, banyak dari kita ingin menyelesaikan masalah tanpa melibatkan darah atau merusak lingkungan.

Setelah kalian mengetahui peranan dari indra penciuman tikus, sekarang saatnya kita mengetahui apa saja yang biasanya ada disekeliling rumah yang paling dibenci oleh tikus.

Apa Saja Yang Merupakan Bau Yang Tidak Disukai Oleh Tikus

Bau Yang Tidak Disukai Tikus Yang Dapat Ditemui Secara Alami

Berikut ini merupakan cara alami pengusir tikus yang tidak berbahaya dan dapat kalian temukan dalam lingkungan sehari hari.

Urine Dari Hewan Lain

Buat kalian yang memiiki binatang peliharaan lain di rumah dan sering merasa kesal atau jengkel karena anjing atau kucing kalian sering buang air kecil sembarangan. Ternyata dibalik

Bau urnine dari binatang lain merupakan hal yang paling dihindari oleh tikus. Ini dikarenakan tikus merupakan hewan kecil yang menjadikannya mangsa empuk bagi binatang lain seperti serigala, anjing, kucing dan ular.

Salah satu cara untuk menghindar dari bahaya adalah dengan mendeteksi, berkat indra penciuman yang tajam, tikus dapat menentukan kemungkinan adanya predator melalui jejak bau yang ditinggalkan dari urine. Sebagai hasil dari indra penciuman ini, tikus mengadopsi sikap yang berbeda, serta menghindari bahaya atau untuk bergerak secara diam-diam atau tidak bergerak sama sekali jika predator berada di dekatnya.

Melalui urine hewan lain yang berfungsi sebagai salah satu bau yang mengusir tikus. Namun hal ini bisa menjadi bumerang khususnya bagi kalian yang tinggal di daerah-daerah di mana tikus merupakan faktor penting dalam menebar benih atau mungkin untuk membunuh tanaman liar.

Buat kalian yang tinggal dengan tikus dan hewan lain, seperti anjing atau kucing, selain mensosialisasikan semuanya dengan benar, ada baiknya selalu membersihkan area tempat pembuangan air kecil dengan baik.

Saus Cabe

Bau Yang Tidak Disukai Tikus Yang Dapat Ditemui Secara Alami

Cabe merupakan hal wajib dan pasti dapat ditemui di dapru rumah. Sudah menjadi ciri khas orang Indonesia dalam mengkonsumsi cabe setiap harinya. Selain sebagai penyeimbang makanan lezat, ternyata cabe memiliki manfaat lainnya yang sagat berguna untuk menangkal tikus.

Saus cabe panas memiliki aroma yang paling tidak disukai oleh tikus. Ini karena cabai mengandung capsaicinoids yang merupakan senyawa alami serta berfungsi untuk menimbulkan efek pedas yang membedakan pada makanan.

Pada hewan mamalia, termasuk tikus, senyawa cabae dapat menyebabkan reaksi yang sangat tidak enak bagi kelenjar penciuman tikus. selain merasa terbakar hal ini juga menurunkan selera jika tertelan. Untuk itu, makanan pedas sangat dihindari oleh tikus. Demikian juga, aroma ini juga merupakan bagian dari aroma bau yang paling dihindari oleh anjing dan hewan lain.

Mint dan peppermint

Bau Yang Tidak Disukai Tikus

Bau mint atau peppermint yang ditimbulkan dari tumbuhan aromatik yang sangat populer dikarenakan penggunaan gastronomi atau dekoratifnya ada ada di rumah merupakan penangkal tikus secara alami. Kedua tanaman memiliki mentol, senyawa organik yang bertanggung jawab atas aroma segar yang mereka berikan, yang sangat dihargai dalam produk kosmetik dan obat-obatan.

Bau mentol yang khas sangat menjengkelkan pada lubang hidung tikus, sehingga membuat mereka menjauh darinya segera setelah mereka melihatnya.

Amonia dan klorin

Buat kalian yang rajin membersihkan rumah dan mengepel lantai dengan cairan pembersih khusus? Tau kah kalian kalau ternyata bau yang ditimbulkan dari cairan pembersih lantai terdapat kandungan yang dapat menyebabkan bau yang menyegat bagi tikus?

Amonia merupakan senyawa kimia yang terdiri dari nitrogen. Memiliki ciri khas bau yang menyengat serta menembus, itulah sebabnya Amonia selalu dijumpai dalam pembuatan produk pembersih.

Klorin di sisi lain, merupakan jenis kimia alami yang sifatnya merupakan antiseptik dan desinfektan. Selain itu Klorin juga dapat yang menghasilkan iritasi dan peradangan pada saluran pernapasan.

Kedua senyawa ini sangat umum dan dapat dengan mudah ditemukan di dalam rumah. Hampir sebagian besar produk pembersih mengandung kedua bahan tersebut.

Kedua bahan tersebut memberikan efek yang sangat menjengkelkan pada hidung tikus dan bahaya kematian yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi kedua bahan tersebut. Tikus sangat menghindari diri dari mereka. Oleh sebab itu, jika kalian memiliki tikus sebagai hewan peliharaan, penting untuk menjaga produk ini jauh dari jangkauan.

Parfum dan alkohol

Bau Yang Tidak Disukai Tikus

Siapa yang disini merupakan pecinta parfume? Tau kah kalian kalau ternyata parfume merupakan penangkal yang ampuh untuk mengusir tikus. Hal ini dikarenakan:

Di dalam parfum terdapat beberapa komponen yang berbeda beda. Di antaranya adalah minyak esensial suling yang berasal dari tanaman serta terdapat campuran alkohol sebagai pelarut dan senyawa anorganik, sulfur serta bahan lainnya.

Karena alasan ini, parfum memiliki aroma khusus yang berbeda serta menyenangkan bagi manusia, tetapi tidak untuk sebagian besar hewan, termasuk tikus. Pada hewan pengerat kecil ini jika terhirup dapat menyebabkan iritasi lubang hidung, jadi mereka lebih memilih untuk menjauh dari bau ini.

Naftalena

Naftalena adalah salah satu aroma yang sangat dibenci tikus. Naftalena merupakan hidrokarbon aromatik yang memiliki bau yang sangat menyengat. Itulah sebabnya ia umumnya digunakan sebagai penolak ngengat. Namun, bagi tikus bau ini juga tak tertahankan, selain toksik dan sangat mematikan dengan menghirup asupannya. Beberapa efeknya adalah iritasi pada lubang hidung serta radang paru-paru.

Demikian pula, naftalena dapat menjadi racun bagi anjing, kucing dan anak-anak, jadi kami menyarankan moderasi dan kewaspadaan ketat sebelum digunakan di rumah.

Memiliki rumah yang nyaman dan bersih tentu merupakan dambaan setiap orang. Namun terkadang rumah bersih pun belum tentu terhindar dari tikus kecil yang selalu dapat menemukan celah di dalam rumah.

Kadang menjengkelkan bukan saat kita menemukan beberapa kable yang terputus atau makanan yang berserakan akibat ulah dari binatang yang satu ini. Selain menggunakan racun tikus dan perangkap tikus ternyata ada beberapa bau atau aroma yang tidak disukai tikus yang dapat kita jumpai dengan mudah di dalam rumah.