Warna Gorden Yang Elegan Agar Ruangan Menjadi Lebih Mewah - RUMAH23.NET

Warna Gorden Yang Elegan Agar Ruangan Menjadi Lebih Mewah

Warna Gorden Yang Elegan Agar Ruangan Menjadi Lebih Mewah


Warna Gorden Yang Elegan agar ruangan Menjadi Lebih Mewah dan cantik. Jendela di dalam ruangan merupakan penghubung antara eksterior dan interior ruangan. Melalui jendela, sebuah ruangan yang terlihat biasa saja bisa menjadi begitu istimewa berkat pemandangan keluar serta cahaya alami yang menyinari seluruh ruangan.

Gorden merupakan salah satu element penting di dalam rumah. Gorden tidak hanya berfungsi untuk menjaga privacy penghuni rumah namun gorden merupakan element penting dalam satu ruangan yang dapat dikatakan sebagai vocal point. Pemilihan model Gorden serta warna dan kekedapan cahaya dapat merubah mood di dalam satu ruangan.

Selain pemilihan warna yang tepat, gorden juga dapat membuat satu ruangan tampak menjadi lebih besar dan lebih tinggi atau sebaliknya.

Memilih Gorden Yang Tepat

Warna Gorden Yang Elegan Agar Ruangan Menjadi Lebih Mewah


Sebelum memilih gorden yang tepat pada satu ruangan, ada baiknya untuk menentukan tema ruangan terlebih dahulu. Konsultasikan beberapa opsi pilihan bersama dengan pasangan. Sesuaikan dengan model furniture yang digunakan serta seberapa besar ruangan tersebut. 

Kalian bisa mencari inspirasi dengan beberapa pilihan bahan atau material di toko gorden. Namun perlu diingat agar tidak terkecoh dengan display toko dan harus disesuaikan dengan cat rumah dan furniture yang akan digunakan.

Setelah menentukan tema ruangan, saatnya untuk membuat pilihan akan bahan gorden yang akan digunakan. Terdapat beberapa pilihan kain yang umumnya digunakan dan tersedia di pasaran. Mulai dari model blackout, katun, satin, linen, dimout, hingga chenille.

Warna Gorden Yang Elegan Agar Ruangan Menjadi Lebih Mewah


Gorden Dua Lapis
Gorden dua lapis umumnya ditempatkan pada jendela bagian luar atau jendela yang berhadapan langsung dengan bagian depan rumah. Gorden dua lapis ini terdiri dari Vitras (bahan kain tipis yang umumnya berwarna putih dan tembus pandan) dan Hordeng yang lebih tebal seperti katun atau black out.

Gorden berbahan katun banyak digunakan untuk tema minimalis. Selain banyak variasi pilihan, bahan kain yang digunakan cenderung lebih tipis dan mudah untuk dijahit. Material katun banyak digunakan saat ini karena cukup kuat dan tahan lama.

Chenille


Model Chenille 
Umumnya digunakan untuk ruangan yang bergaya classic. Chenille merupakan kain tenun yang dibuat dari beberapa kombinasi serat kain seperti katun, wool, sutera dan rayon. Bahanya tebal dan bertekstur hingga tidak mudah sobek. Namun perlu diperhatikan bahan Chenille jika terkena noda, akan sangat sulit untuk dibersihkan.

Model Horizontal Blind
Biasanya berbahan dasar kanvas atau dimout. Cocok untuk ruangan yang kecil dengan gaya minimalis modern. Bahannya cenderung kaku namun sanggup untuk meredam cahaya matahari hingga 90%.

Setelah memilih bahan dan model Gorden, selalu perhatikan beberapa aksesoris pendukung seperti model simpul atau tali pengait, serta ketinggian jendela pada satu ruangan agar dapat memastikan bagaimana gorden tersebut saat terpasang dan pada saat bagian bawah gorden jatuh ke lantai. 

Pilihan Warna Gorden Yang elegan


Pemilihan warna Gorden merupakan element penting yang dapat membangkitkan mood satu ruangan. Warna gorden biasanya disesuaikan dengan warna pada dinding, furniture, karpet dan lantai pada satu ruangan. Apabila ruangan banyak di dominasi dengan warna cerah sebaiknya menggunakan gordeng dengan warna netral dan begitu juga sebaliknya.

Warna gorden orange dan kuning emas yang elegan

Warna Gorden Yang Elegan Agar Ruangan Menjadi Lebih Mewah


Warna yang memberikan perubahan dan menciptakan rasa nyaman serta melambangkan kebahagiaan dan keceriaan. Warna kuning sebaiknya digunakan pada area living room sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga dan kolega dekat. Warna yang membangkitkan persahabatan dan keterbukaan sehingga membuat seluruh anggota keluarga dapat dengan leluasa untuk berbicara. Sedangkan warna orange dapat digunakan pada ruang makan yang bisa membantu fungsi pencernaan.

Warna Merah

Warna dominant yang penuh gairah. Membangkitkan semangat dan energi serta dorongan seksual yang membuat orang menjadi lebih aktif. Warna merah bisa diterapkan pada area dapur, ruang makan dan kamar tidur. Namun penting untuk diperhatikan penggunaanya terhadap satu ruangan. Jika berlebihan dapat mempengaruhi luapan emosi orang sekitar.

Warna Hijau

gorden hijau elegan


Hijau melambangkan ketenangan, keberuntungan dan kesehatan. Warna yang bisa digunakan pada kamar tidur. Dapat menenangkan pikiran dan mempengaruhi tidur yang lebih lelap. Selain itu warna hijau dapat membuat ruangan menjadi lebih luas. 

Warna Pirus (Turquoise)

warna gordeng elegan

Merupakan perpaduan dari warna hijau, biru dan sedikit abu abu. Melambangkan kemewahan dari batu permata yang dipercaya sebagai penangkal niat jahat oleh orang persia kuno. Warna yang melambangkan kedamaian dan ketenangan. Pemilihan warna pirus dapat diterapkan pada ruang santai, atau perpustakaan kecil yang membuat suasana menjadi lebih relax dan melupakan penat sejenak.

Warna Biru

Warna yang menciptakan ketenangan dan kedamaian pikiran. Biru juga dapat memberikan percaya diri dan ketajaman dalam berkonsentrasi. Dalam penerapannya dapat digunakan pada ruang kerja dan kamar tidur.

Warna Pink dan Ungu

Warna Gorden Yang Elegan Agar Ruangan Menjadi Lebih Mewah


Kombinasi dari kepemimpinan yang lembut dan halus serta menimbulkan perasaan cinta. Cocok digunakan pada area kamar tidur yang dapat menciptakan nuansa romantis dan effek yang baik pada saat berhubungan intim dengan pasangan.

Warna Coklat

Warna netral yang melambangkan alam. Warna yang memberikan kehangatan dan kedamaian pikiran. Penerapannya dapat digunakan di seluruh ruangan namun penting untuk diperhatikan akan aksen interior ruangan lainnya agar tidak menimbulkan kesan monoton dan membosankan.

Selain pilihan warna gorden yang elegan, motif yang digunakan juga dapat memberikan tampilan lebih fresh dan membuat ruangan menjadi lebih besar. berikut beberapa motif pilihan yang dapat kalian jadikan inspirasi.

Lihat Juga Artikel Lainnya :

Motif Geometris

Warna Gorden Yang Elegan Agar Ruangan Menjadi Lebih Mewah


Motif Geometris biasanya banyak digunakan sebagai dekorasi lantai, dinding, wallpaper dan foto. Geometris mengedepankan bentuk kotak, segitiga, persegi dan lainnya. Biasanya digunakan sebagai aksen yang dapat membuat ruangan menjadi lebih hidup dan tidak membosankan. 

Motif Garis Garis

Motif yang banyak digunakan pada ruangan dengan nuansa modern. Motif ini juga dapat memberikan illusi ruangan menjadi lebih lebar atau lebih tinggi. Kalian bisa mermain motif garis dengan mengkombinasikan beberapa warna.

Motif Marmer

Motif yang menampilkan serat marmer. Motif ini dapat memberikan kesan mewah dan minimalis. Bahan dengan motif marmer ini umumnya tidak terlalu tebal sehingga memungkinkan agar sinar matahari dapat masuk untuk menerangi ruangan. Gorden motif marmer ini dapat diterapkan pada area ruang tamu atau kamar tidur.

Motif Pom Pom

Warna Gorden Yang Elegan Agar Ruangan Menjadi Lebih Mewah

Motif Pom Pom banyak digunakan pada kamar anak. Terdapat Jahitan yang menyerupai bulu bulu pom pada kedua sisi gorden. Membuat tampilan ruangan menjadi lebih modern dan ceria. 

Motif ini juga sangat cocok untuk interior bergaya klasik.

Itulah beberapa pilihan warna gorden yang elegan yang tidak lekang oleh waktu. Pilihan warna yang sesuai dengan ruangan dapat membuat hari hari menjadi lebih ceria. Yang terpenting adalah berkomunikasi dengan seluruh anggota keluarga dan tidak terburu buru dalam menentukan warna dan motif yang akan digunakan pada gorden rumah.

Nantikan artikel dan info unik lainnya di Rumah 23.

[Sumber : elledecor.com, Orami.co.id]